Kumayl

Pada suatu hari, aku duduk dimesjid Basrah bersama Maulana Amiril Mukminin(Imam Ali Bin Abi Thalib as) membicarakan Nisfu Sya’ban. Ketika ditanya tentang ayat “ Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah “ (QS, 44:4) Imam Ali mengatakan ayat ini mengenai Nishfu Sya’ban, orang yang beribadah dimalam itu, tidak tidur dan membaca Hadhrat Khidhir, akan ditrima doanya oleh Allah SWT.

Ketika Imam Ali pulang kerumahnya dimalam itu, aku menyusul beliau. Melihatku… Imam bertanya, “ Apa keperluanmu kemari ?”
Jawabku : “ Aku kemari untuk mendapatkan Doa Hadhrat Khidhir.”
Imam mempersilahkanku duduk seraya mengatakan :
“ Wahai Kumayl… apabila engkau menghafal doa ini dan membacanya setiap malam Jum’at cukuplah itu untuk melepaskanmu dari kejahatan,; engkau akan ditolong Allah, diberi Rezeki, dan doa ini akan makbul. Wahai Kumayl…lamanya persahabatan dan kekhidmatanmu menyebabkan dikaruniai nikmat dan kemuliaan untuk belajar (Doa Hadhrat Khidhir).”

Imam Ali berpesan pada Kumayl agar membacanya dimalam Nisfu Sya’ban dan setiap malam Jum’at. Dikatakan bahwa doa ini memperluas pintu rezeki, melawan niat Jahat musuh, dan meluputkan diri dari dosa.

Doa tersebut adalah Doa Kumayl(Doa Hadhrat Khidir) yg diajarkan oleh Imam Ali Bin Abi Thalib as. Menurut seorang Alim Besar Sayyid ibnu Thawus, dalam kitab Iqbal riwayat ini disampaikan oleh Kumayl.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s